Sunday, 16 August 2026
Kesehatan

Takaran Kopi Ideal untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Konsumsi kopi di pagi hari menjadi kebiasaan banyak orang, namun sering kali menimbulkan kekhawatiran akan dampaknya terhadap kesehatan jantung. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa asupan kopi yang t...

A
Aryani Sarasvati
22 July 2026 60 pembaca
Foto: Getty Images/apomares
Foto: Getty Images/apomares

Jakarta - Banyak orang menjadikan ritual minum kopi di pagi hari sebagai bagian penting dari rutinitas mereka. Namun, kekhawatiran akan dampak negatif terhadap kesehatan, khususnya jantung, sering kali menghantui kebiasaan ini. Sebuah penelitian yang dirilis oleh Asosiasi Jantung Amerika (AHA) dalam jurnal Circulation memberikan penjelasan mengenai hal ini. Tim peneliti menganalisis data kesehatan dari berbagai studi untuk menilai pengaruh kafein terhadap tekanan darah, kolesterol, serta risiko penyakit metabolik dan kardiovaskular.

Hasil dari tinjauan tersebut menunjukkan bahwa bagi sebagian besar individu, konsumsi kopi dalam jumlah moderat tidak hanya aman tetapi juga dapat memberikan manfaat kesehatan yang positif.

Batas Aman Konsumsi Kopi

Gregory Marcus, ketua kelompok penulis sukarelawan AHA dan ahli jantung dari California University, San Francisco, menyatakan takaran aman untuk asupan kafein harian. "Dalam tinjauan kami terhadap penelitian terbaru, bagi sebagian besar orang dewasa, asupan hingga 400 miligram kafein per hari, yang setara dengan lima cangkir kopi berkafein tanpa tambahan gula atau pengisi, aman dan tidak meningkatkan risiko kardiovaskular," ungkap dr. Marcus. Namun, ia juga menekankan bahwa menambahkan krim, gula, pemanis, atau sirup perasa dapat menghilangkan manfaat kesehatan yang ada.

Selain itu, sumber kafein juga berpengaruh besar. Kopi dan teh murni kaya akan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Di sisi lain, minuman energi harus diwaspadai karena dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah akibat dosis kafein yang tinggi serta kandungan gula yang tidak sehat.

Manfaat Kesehatan dari Kopi

Berdasarkan analisis yang dilakukan, kebiasaan mengonsumsi kopi secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2. Salah satu studi menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi tiga cangkir kopi atau lebih setiap hari mengalami penurunan risiko hingga 27 persen. Selain itu, kopi juga berperan dalam melindungi jantung dari penyakit arteri koroner. Sebuah meta-analisis yang melibatkan 30 studi menunjukkan bahwa konsumsi hingga 3,5 cangkir kopi per hari berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner sebesar 10 persen.

Data dari UK Biobank bahkan menunjukkan bahwa dua hingga tiga cangkir kopi sehari adalah jumlah yang paling ideal. Penelitian juga menemukan bahwa individu yang rutin meminum tiga hingga empat cangkir kopi per hari memiliki risiko stroke yang lebih rendah, dengan penurunan hingga 21 persen.

Secara keseluruhan, laporan ilmiah dari AHA menyimpulkan bahwa bukti dari studi besar mendukung keamanan konsumsi kafein dalam batas yang wajar. "Konsumsi kafein atau kopi dalam jumlah moderat (hingga 400 mg kafein per hari atau sekitar 3-5 cangkir) aman bagi sebagian besar orang dewasa," tulis laporan tersebut. "Hal ini juga berkaitan dengan risiko yang lebih rendah terhadap penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung koroner, stroke, gagal jantung, fibrilasi atrium, serta hipertensi dan diabetes tipe 2," tutup laporan itu.

// Artikel Terkait